jump to navigation

Cara menyikat Gigi yang Baik dan Benar Februari 11, 2010

Posted by Rumah Sakit ITCI Kartika Utama in Berita.
trackback

Cara menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Sebagian orang berpikir bahwa menyikat gigi harus keras biar giginya putih. Sebenarnya tujuan dari menyikat gigi bukanlah untuk memutihkan gigi, tetapi untuk menghilangkan plak gigi. Plak pada gigi ini jika tidak segera dibersihkan maka akan menjadi karang gigi yang tidak lagi bisa dibersihkan dengan sikat gigi, harus menggunakan scaller yaitu alat pembersih karang gigi. Menyikat gigi tidak sama dengan menyikat WC booo…gosroook..sekuat tenaga, meskipun mulut yang kotor memang lebih jorok dari pada WC…karena mulut khan  merupakan kebun binatang bakteri…mau tahu cara menyikat gigi yang baik dan benar…?

Pertama, mengenai pemilihan sikat gigi yang benar

Pilihlah sikat yang bulu2nya tidak terlalu kasar maupun halus…jadi yang sedang2 saja. Trus, sikatnya jangan yang segedhe sikat WC yah,, Jangan pernah berpikir bahwa sikat gigi yang gedhe akan lebih efektif, justru yang kecil itulah yang bisa menjangkau seluruh permukaan gigi. Perhatikan pula bentuknya, pilih sikat gigi dengan ujung yang tidak terlalu lebar untuk menjangkau gigi daerah belakang. Ingat bahwa sikat gigi hanya untuk membersihkan gigi dari plak, bukan untuk memutihkan gigi.

Ke dua, pemilihan cara menggosok gigi yang benar

Ada 2 gerakan menggosok gigi, yaitu gerakan vertical dan horizontal. Cara vertical dilakukan untuk membersihkan permukaan gigi –gigi depan dan permukaan samping gigi belakang dan gerakan horizontal dilakukan untuk mebersihkan permukaan gigi-gigi belakang.

Mengapa menggunakan cara vertikal? Karena tujuan menyikat gigi adalah mengangkat sisa makanan yang biasanya menumpuk di leher gusi, gerakan horisontal selain tidak mengangkat sisa makanan yg terletak di sela2 gigi, juga akan menyebabkan perlekatan papila gusi (gusi yg terletak di antar gigi2)  lama2 lepas sehingga akar gigi lama2 terbuka hal ini lama kelamaan dapat menyebabkan rasa linu meski gigi masih sehat.   tapi tidak bertahan lama sampe tua, akibat resopsi tulang alveolar. Maka

Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut dan lakukan dengan gently, sesuai urutan berikut:

1. Letakkan posisi sikat 45 derajat terhadap gusi
2. Gerakan sikat dari arah gusi kebawah untuk gigi depan rahang atas (seperti mencungkil)
3. Gerakan sikat dari arah gusi ke atas untuk gigi depan rahang bawah
4. Sikat seluruh permukaan yang menghadap bibir dan pipi serta permukaan dalam dan luar gigi dengan cara tersebut.

5. Sikat permukaan kunyah gigi dari arah belakang ke depan. ( cara horizontal)

Ke tiga, pemilihan waktu menggosok gigi yang tepat

Hal ini sangat penting karena sangat berpengaruh juga terhadap efektivitas menggosok gigi. Dari survey yang pernah saya lakukan, saat melakukan skrining di Sekolah Dasar maupun terjun langsung di masyarakat pada waktu koas di bagian IKGM (Ilmu Kedokteran Gigi Masyarakat), menunjukkan bahwa masyarakat pada umumnya menggosok gigi pada waktu mandi pagi dan sore. Adooohhhhh,, Bapak-bapak, Ibu-ibu,, adek-adek, mbak-mbak, mas-mas,,tante-tante, om-om,, itu salahhhh lhoooooo,, yang bener, gosok gigi itu ya sesudah maem lah yaaa,, setelah sarapan dan sebelum tidur malem. Itu minimal lho yaa,,, Kalo mau gosok gigi pas mandi ya gak papa, tapi sebelum tidur malem gosok lageee,,, dan setelah makan sesuatu minimal kumur-kumur air putih lah yaa,,,

Komentar»

1. hasan - Februari 11, 2010

saya rasa nyikat gigi sy tudak tepat. tiap hari pasti berdarah. jd kyk di iklan.
“sikat giginya di gigit yah? kasian tuh, sikat giginya berdarah!”
m
bau mulut di siang hari pun sering.

sikat gigi yg disarankan spt apa? apa perlu diganti dgn sikat yg toppingnya ada bulu lembut?

2. drg. Astriningsih - Februari 17, 2010

Oh iya pak, mungkin itu jenis bulu sikat giginya yg kurang lembut. Faktor lain yg bisa bikin gusi mudah berdarah juga bisa disebabkan adanya toksin bakteri di dalam karang gigi yang akan menyebabkan iritasi gusi sehingga terjadi gingivitis atau disebut radang gusi. Adanya gingivitis akan menyebabkan gusi mudah berdarah ketika terkena trauma, seperti saat menggosok gigi.
Nah kalo untuk bau mulut itu penyebabnya macam-macam, bisa faktor lokal, bisa faktor sistemik. Faktor lokal, seperti pada perokok, atau adanya karang gigi bisa menyebabkan bau mulut. Hal ini bisa diatasi dengan skalling ( membersihkan karang gigi ke dokter gigi ), kemudian untuk mencegah timbulnya plak dan karang gigi, gunakan obat kumur setelah menggosok gigi, banyak minum air putigh dan makan buah-buahan yang mengandung banyak air bisa mengurangi keluhan bau mulut.
Faktor sistemik seperti pada penderita amandel, biasanya pasien bernapas lewat mulut saat tidur, hal ini juga bisa menyebabkan bau mulut. gitu deeehh,,, ada lagi yang mo ditanyakan?? hehee

3. Hasan - Februari 22, 2010

wah makasih sarannya..
kalo gitu, mo saya coba ganti sikat giginya.

Gingivitis selalu ada bengkak ato nyeri gusi ga? kalo saya sih Alhamdulillah jarang bengkak, atopun nyeri, tapi tetep aja bau mulut.
dulu (waktu di ITCI) pernah di periksa, ga ada karang gigi, Alhamdulillah. Ngerokok juga engga. Memang minum rada males. Obat kumurpun sekarang make.

soal gimana cara saya nafas waktu tidur.. no comment. abisnya ga ada yg suka comment! dulu katanyasih suka ngorok dan bicara sendiri..

4. drg.Astriningsih - Februari 26, 2010

oooohhh,, gingivitis ga selalu ada bengkaknya kok pak,, Gingivitis kan ada macem-macem, ringan, sedang, berat. Kalo masi ringan ya cuma terjadi perubahan warna kemerahan pada sulkus gingiva.
Pada gingivitis simplek, gusi tampak merah, bukan pink. Gusi membengkak dan mudah digerakkan.
Jika penderita menggosok gigi atau makan, gusi seringkali berdarah.
Jika gingivitisnya berat, maka pada saat bangun pagi bantal akan dipenuhi oleh bercak darah, terutama jika pada saat tidur penderita bernafas melalui mulutnya.
Wadooooh,, ga ada karang gigi, ga ngerokok tapi tetep bau mulut ya pak ? liat2 dulu donk kapan bau mulutnya. Kalo habis bangun tidur itu siy wajar pak,,,
hiyaaahhhh,,, pas tidur aja bicara sendiri, apalagi pas ga tidur,,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Kategori

  • Berita Terakhir

  • Komentar

    drg.Astriningsih on Cara menyikat Gigi yang Baik d…
    Hasan on Cara menyikat Gigi yang Baik d…
    drg. Astriningsih on Cara menyikat Gigi yang Baik d…
    hasan on Cara menyikat Gigi yang Baik d…
    hasan on DEMAM BERDARAH
  • Pengunjung

  • Meta

  • 3M ACLS ATLS BIDAN DBD Demam Berdarah DHF DINKES dokter fogging hiperkes ITCI job jumat bersih Kaltim KLB LOWONGAN Maridan P2M PSN puskesmas Rekam Medis rumah sakit vacancy wabah
  • Itci
    View more presentations from rsitci.
    >
  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    %d bloggers like this: